User Rating: 0 / 5

    Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
    img-20180625-wa0070

    Bismillahirrahmanirrahim…
    Halo Sahabat Detik Wisata!


    Siapa di sini yang menyukai kegiatan pendakian?

    Pada tulisan kali ini, aku ingin membagikan pengalamanku bersama teman-temanku mendaki salah satu daerah kulminasi di Indonesia. Puncak Gunung kali ini terletak di daerah Kabupaten Boyolali Jawa Tengah. Gunung dengan ketinggian 3124 meter di atas permukaan laut ini cocok untuk pendaki pemula maupun pro dengan tingkat kesulitan medium. Gunung ini dikenal dengan sebutan Gunung Merbabu. Kami akan mulai berbagi dari awal, yaitu dengan transportasi yang kami gunakan. Kami berangkat dari Jakarta dan Bandung menggunakan Kereta Api menuju Stasiun Tawang Kabupaten Semarang. Pukul 16.00 kami semua sampai di Semarang. Sedikit tips di sini, perhatikan momen keberangkatan, kami di sini kurang memperhatikan bagaimana momentum lebaran akan sangat berpengaruh dalam perjalanan sehingga setiap kami akhirnya naik kereta yang berbeda dengan harga yang berbeda pula, termurah 135rb dan termahal 240rb. Sebenarnya ada peluang mendapatkan tiket kereta paling murah 80rb jika kami merencanakan sejak jauh-jauh hari.


    Dari sini kami melanjutkan perjalanan menuju Terminal Bawen menggunakan Trans Jateng. Setiap kepala dikenai biaya yang terjangkau hanya 3500, namun yang menjadi catatan di sini adalah karena masing-masing dari kami menggunakan tas keril atau tas gunung dan hal itu memakan tempat di dalam Bus, maka setiap tas dihitung 1 orang sehingga kami membayar untuk 2 orang, yakni 7000. Dari Terminal kami sudah disambut oleh teman dari salah satu rekan kami, yaitu mbak Ella dan tim pendakiannya yang berpengalaman dalam kegiatan pendakian. Alhamdulillah. Perjalanan menggunakan
    mobil pribadi ini dimulai pukul 19.30 dan karena kami sempat nyasar dalam perjalanan, maka kami sampai pukul 22.00 yang seharusnya diperkirakan sampai pukul 21.00 di Basecamp Selo Kabupaten Boyolali. Sesampainya di basecamp kami langsung ganti baju dan memesan makan malam, tidur di basecamp ini tidak dikenakan biaya ya, hanya kalau kita butuh konsumsi dan toilet baru kita bayar. Tidak lama kemudian kami istirahat karena merencanakan untuk memulai pendakian esoknya setelah sholat shubuh.


    Hari kedua.
    Setelah packing dan sarapan pagi kami berangkat pendakian sekitar pukul 07.30 dikarenakan memang pendaftaran baru dibuka pukul tersebut. Pendakian kali ini akhirnya kami bergabung menjadi 1 tim, antara tim kami dan tim Mbak Ella. Rencana awal kami ingin berkemah di Pos 5, yakni Sabana II, namun pada perjalanannya kami menemukan kendala, diantaranya ada di antara kami yang masih sangat baru dalam mendaki dan track setelah Pos 3 memang cukup menguras tenaga, berupa bukit dan tanjakan curam dengan kemiringan hampir sekitar 70 derajat, ditambah beban tas yang cukup berat, maka kami memutuskan untuk mendirikan tenda di Pos 3, Batu Tulis. Tiba pukul 12.00 jarak dari basecamp ke Pos 3 memakan waktu sekitar 4.5 jam. Kami merencanakan melakukan summit dini hari nantinya.

    img 20180625 wa0067


    Hari Ketiga,
    Pukul 02.00 dini hari kami sudah terbangun dan mempersiapkan diri melakukan summit. Sekitar pukul 02.45 kami baru benar-benar melanjutkan perjalanan. Di sini sangat aku sarankan menggunakan safety pakaian yang lengkap seperti sarung tangan, jaket, kupluk, syal dll dikarenakan suhu udara dini hari mencapai 2 derajat celsius, karena pada malamnya hujan cukup lama terjadi, biasanya kalau tidak hujan suhu dini hari di Merbabu sekitar 5 derajat celsius dan jangan lupa gunakan penerangan yang membantu penglihatan dalam gelapnya tanjakan dan bukit. Setelah pukul 05.15 kami baru benar-benar sampai puncak dan sunrise sebentar lagi muncul, sambil menunggunya kami melakukan sholat shubuh berjamaah. Setelah dirasa cukup menikmati pemandangan di atas dan mengambil beberapa foto. Kami memutuskan untuk turun gunung mengingat kami harus segera menuju Stasiun karena keberangkatan pukul 5 sore. Sampai di basecamp pukul 12 siang, setelah mandi, ganti baju dan packing, pukul 1 kami berangkat menuju Stasiun Tawang mengejar kereta pukul 5. Tiket kereta termurah pada perjalanan pulang ini sebesar 220rb dan termahal 290rb. Total akomodasi selama pendakian seperti untuk transportasi Trans Jateng, sewa mobil, supir, bensin, konsumsi selama pendakian dll sebesar 250rb diluar dari tiket kereta ya.

    img 20180625 wa0010

    Sekian. Semoga ada kesempatan mendaki kembali. Bertemu dengan banyak orang-orang dengan keunikannya masing-masing. Mendaki gunung memang bukanlah hobi yang murah, namun hal yang didapatkan juga sungguh mempesona. Masya Allah. Jangan sekali-kali mencoba mendaki ya, nanti ketagihan loh! Hehehehe.

    Terima kasih Tetew Squad atas perjalanan penuh hikmahnya  See you next journey!

    Penulis : 
    Nur'azizah Inayati
    https://www.instagram.com/nurazinayati

    Catatan Trip
    Travel Blogs
    merbabu-via-selo
    Admin DetikWisata.com

    User Rating: 2 / 5

    Star ActiveStar ActiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
    visa-1

    Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengajukan Visa Jepang di Indonesia:

    Langkah 1 :
    Dapatkan informasi yang dibutuhkan:

    • Kunjungi http://www.vfsglobal.com/japan/indonesia/English/index.html
    • Hubungi nomor Layanan Informasi +62 21 30418715
    • Email pertanyaan Anda ke This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
    • Kunjungi pusat informasi di Pusat Aplikasi Visa Jepang (JVAC)


    Langkah 2 :
    Membuat foto

    • Kunjungi situs untuk mendapatkan spesifikasi foto yang dibutuhkan.
    • Terbaru, tidak lebih dari 6 bulan.
    • 4,5 cm x 4,5 cm
    • Foto berwarna dengan latar belakang polos.
    • Diambil melihat lurus ke depan dan wajah terlihat jelas.
    • Fasilitas foto tersedia di Pusat Aplikasi Visa Jepang dengan biaya tambahan.

    Langkah 3:
    Unduh dan lengkapi Formulir Aplikasi serta buat pemesanan janji temu 

    • Unduh formulir aplikasi
    • Buat janji temu secara online dan cetak dari surat konfirmasi atau simpan surat konfirmasi di telepon selular Anda.
    • Penjadwalan online untuk layanan janji temu akan dapat diakses dalam waktu dekat.

    Langkah 4:
    Siapkan dokumen pendukung

    • Kunjungi situs untuk mengetahui dokumen yang dibutuhkan berdasarkan tujuan perjalanan Anda. Durasi proses visa dapat bervariasi jika dokumen aplikan tidak lengkap, atau jika diminta untuk mengirimkan dokumen tambahan, atau Kedutaan harus mengajukan pertanyaan ke Kementerian Luar Negeri di Tokyo. Harap diketahui bahwa ada kemungkinan visa tidak disetujui meskipun semua dokumen yang diperlukan telah diajukan.
    • Ketahui biaya visa Anda dengan mengunjungi halaman biaya visa.
    • Setiap aplikan harus membayar Biaya Visa dan biaya proses aplikasi yang berlaku. Anda harus membayar biaya hanya dalam rupiah saat pengajuan aplikasi di Indonesia


    Langkah 5:

    Ajukan aplikasi Anda di Pusat Aplikasi Visa Jepang di Indonesia. Pusat Aplikasi Visa Jepang di Indonesia dibuka dari pukul 09:00 sampai 17:00. Tidak perlu mengunjungi pusat aplikasi lebih awal untuk mengambil nomor antrian. Mohon diketahui bahwa prioritas akan diberikan kepada aplikan yang telah membuat janji temu. Untuk menghindari waktu tunggu yang lama, sebaiknya Anda membuat janji terlebih dahulu.Silahkan klik untuk penjadwalan janji temu.

    Pada prinsipnya, Anda harus mengajukan aplikasi secara langsung. Namun, jika Anda memenuhi salah satu kriteria berikut, Anda dapat meminta agen atau anggota keluarga untuk mengajukan aplikasi atas nama Anda.

    Siapkan Dokumen

    1. Pastikan formulir aplikasi dan semua dokumen yang diperlukan sudah lengkap dan valid. Aplikasi yang tidak lengkap tidak akan diterima dan diproses.
    2. Paspor (dengan lebih dari 2 halaman kosong dan dengan izin masuk kembali ke Indonesia. Sertakan paspor lama Anda, jika ada).
    3. Formulir Aplikasi diisi lengkap per aplikan. Untuk penandatanganan, harus ditandatangani oleh aplikan (tanda tangan sama dengan tanda tangan paspor).
    4. Pena yang dapat dihapus dilarang digunakan pada formulir aplikasi dan dokumen resmi.
    5. Satu foto berwarna yang diambil dalam 6 bulan terakhir (Foto harus berukuran 4,5 cm x 4,5 cm dengan latar belakang polos).
    6. Serahkan dokumen yang dibutuhkan. Durasi pemprosesan visa dapat bervariasi jika dokumen aplikan tidak lengkap, atau diminta untuk mengirimkan dokumen tambahan, atau Kedutaan Besar kami harus mengajukan pertanyaan ke Kementerian Luar Negeri di Tokyo. Harap dicatat bahwa ada kemungkinan visa tidak disetujui meskipun semua dokumen yang diperlukan telah diajukan.
    7. Siapkan biaya visa dan biaya layanan secara tunai, atau menggunakan kartu kredit/debit.
    8. Visa tidak akan diberikan jika dokumen yang diajukan palsu. Namun, penyediaan dokumen yang memuaskan tidak menjamin disetujuinya visa.
    9. Kedutaan Besar Jepang di Indonesia akan menyimpan semua dokumen yang diserahkan kepada kami. Jika dokumen asli tertentu perlu dikembalikan, mohon informasikan kepada staf dengan menyertakan fotokopi.

    Untuk pemohon yang menggunakan perwakilan

    Pada dasarnya pengajuan permohonan visa dilakukan oleh pemohon langsung di loket visa. Namun, pengajuan permohonan visa oleh grup atau perusahaan seperti tercantum di bawah ini bisa diwakilkan (oleh staf dari kantor tempat pemohon bekerja dan/ atau keluarga):

    1. Anak berusia di bawah 16 tahun, orang berusia lebih dari 60 tahun, atau orang dengan keterbelakangan fisik yang menyulitkan ia untuk datang mengajukan visa.
    2. Pemohon yang mengajukan permohonan visa melalui biro perjalanan yang sudah terdaftar di Kedutaan Besar Jepang.

    Sebagai tambahan, dokumen tambahan perlu dilampirkan sebagai salah satu syarat pelengkap, kecuali pemohon mengajukan visa melalui biro perjalanan yang sudah terdaftar di Kedutaan Besar Jepang.

    1. Perwakilan dari perusahaan (staf kantor) : Fotokopi KTP messenger dan surat tugas yang telah ditanda tangani oleh pemohon visa.
    2. Perwakilan dari keluarga : Fotokopi KTP messenger dan fotokopi bukti hubungan keluarga.
      Catatan; Meskipun aplikasi diajukan oleh perwakilan, pemohon visa perlu menandatangani formulir aplikasi, kecuali pemohon visa tersebut memiliki alasan khusus seperti masih dibawah umur atau memiliki keterbelakangan fisik.

    Untuk kunjungan aplikan ke Pusat Aplikasi Visa Jepang.

    Baca pemberitahuan Peraturan Keamanan sebelum Anda mengunjungi pusat aplikasi visa.

    Kunjungi halaman situs Hubungi Kami dan Hari Libur untuk mengetahui alamat, jam kantor dan hari libur.

    Pengajuan dengan Datang Langsung
    Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengajukan Visa Jepang di Indonesia:

    Langkah 1 :
    Dapatkan informasi yang dibutuhkan:

    • Kunjungi http://www.vfsglobal.com/japan/indonesia/English/index.html
    • Hubungi nomor Layanan Informasi +62 21 30418715
    • Email pertanyaan Anda ke This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
    • Kunjungi pusat informasi di Pusat Aplikasi Visa Jepang (JVAC)

    Langkah 2 :
    Membuat foto

    Kunjungi situs untuk mendapatkan spesifikasi foto yang dibutuhkan.
    Terbaru, tidak lebih dari 6 bulan.
    4,5 cm x 4,5 cm
    Foto berwarna dengan latar belakang polos.
    Diambil melihat lurus ke depan dan wajah terlihat jelas.
    Fasilitas foto tersedia di Pusat Aplikasi Visa Jepang dengan biaya tambahan.


    Langkah 3:
    Unduh dan lengkapi Formulir Aplikasi serta buat pemesanan janji temu

    Unduh formulir aplikasi
    Kunjungi Pusat Aplikasi Visa Jepang untuk pengajuan aplikasi.


    Langkah 4:
    Siapkan dokumen pendukung

    Kunjungi situs untuk mengetahui dokumen yang dibutuhkan berdasarkan tujuan perjalanan Anda. Durasi proses visa dapat bervariasi jika dokumen aplikan tidak lengkap, atau jika diminta untuk mengirimkan dokumen tambahan, atau Kedutaan harus mengajukan pertanyaan ke Kementerian Luar Negeri di Tokyo. Harap diketahui bahwa ada kemungkinan visa tidak disetujui meskipun semua dokumen yang diperlukan telah diajukan.
    Ketahui biaya visa Anda dengan mengunjungi halaman biaya visa.
    Setiap aplikan harus membayar Biaya Visa dan biaya proses aplikasi yang berlaku. Anda harus membayar biaya hanya dalam rupiah saat pengajuan aplikasi di Indonesia.
    Langkah 5:
    Ajukan aplikasi Anda di Pusat Aplikasi Visa Jepang di Indonesia. Pusat Aplikasi Visa Jepang di Indonesia dibuka dari pukul 09:00 sampai 17:00. Tidak perlu mengunjungi pusat aplikasi lebih awal untuk mengambil nomor antrian. Mohon diketahui bahwa prioritas akan diberikan kepada aplikan yang telah membuat janji temu. Untuk menghindari waktu tunggu yang lama, sebaiknya Anda membuat janji terlebih dahulu.

    Silahkan klik untuk penjadwalan janji temu.

    Pada prinsipnya, Anda harus mengajukan aplikasi secara langsung. Namun, jika Anda memenuhi salah satu kriteria berikut, Anda dapat meminta agen atau anggota keluarga untuk mengajukan aplikasi atas nama Anda.

    Pada prinsipnya, aplikan harus mengajukan aplikasi secara langsung. Hanya anggota keluarga (tidak termasuk anak di bawah umur) dari alamat tempat tinggal yang sama yang diizinkan mengajukan aplikasi atas nama aplikan dan bukti hubungan seperti surat nikah (asli) atau akte kelahiran (asli) dan Kartu Identitas Indonesia (asli) dari aplikan untuk diperlihatkan pada saat pengajuan aplikasi. Bahkan dalam hal mengajukan aplikasi untuk anggota keluarga, formulir aplikasi harus ditandatangani oleh aplikan (untuk anak di bawah umur yang belum bersekolah, orang tua dapat menandatangani atas namanya).
    Anda dapat mengirimkan aplikasi Anda melalui agen perjalanan yang diakreditasi oleh Kedutaan Besar. Namun, biaya layanan di pusat aplikasi visa akan dikenakan di atas biaya layanan agen perjalanan terakreditasi.
    Siapkan Dokumen

    Pastikan formulir aplikasi dan semua dokumen yang diperlukan sudah lengkap dan valid. Aplikasi yang tidak lengkap tidak akan diterima dan diproses.
    Paspor (dengan lebih dari 2 halaman kosong dan dengan izin masuk kembali ke Indonesia. Sertakan paspor lama Anda, jika ada).
    Formulir Aplikasi diisi lengkap per aplikan. Untuk penandatanganan, harus ditandatangani oleh aplikan (tanda tangan sama dengan tanda tangan paspor).
    Pena yang dapat dihapus dilarang digunakan pada formulir aplikasi dan dokumen resmi.
    Satu foto berwarna yang diambil dalam 6 bulan terakhir (Foto harus berukuran 4,5 cm x 4,5 cm dengan latar belakang polos).
    Serahkan dokumen yang dibutuhkan. Durasi pemprosesan visa dapat bervariasi jika dokumen aplikan tidak lengkap, atau diminta untuk mengirimkan dokumen tambahan, atau Kedutaan Besar kami harus mengajukan pertanyaan ke Kementerian Luar Negeri di Tokyo. Harap dicatat bahwa ada kemungkinan visa tidak disetujui meskipun semua dokumen yang diperlukan telah diajukan.
    Siapkan biaya visa dan biaya layanan secara tunai, atau menggunakan kartu kredit/debit..
    Visa tidak akan diberikan jika dokumen yang diajukan palsu. Namun, penyediaan dokumen yang memuaskan tidak menjamin disetujuinya visa.
    Kedutaan Besar Jepang di Indonesia akan menyimpan semua dokumen yang diserahkan kepada kami. Jika dokumen asli tertentu perlu dikembalikan, mohon informasikan kepada staf dengan menyertakan fotokopi.
    Untuk kunjungan aplikan ke Pusat Aplikasi Visa Jepang.

    Baca pemberitahuan Peraturan Keamanan sebelum Anda mengunjungi pusat aplikasi visa.

    Kunjungi halaman situs Hubungi Kami dan Hari Libur untuk mengetahui alamat, jam kantor dan hari libur.

    Catatan Trip
    Travel Blogs
    cara-pengajuan-visa-jepang
    Admin DetikWisata.com

    User Rating: 0 / 5

    Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
    visa-waiver-1

    Bagi minasan yang berencana liburan ke Jepang , sudah tahukan jika ada peraturan bebas visa ke Jepang bagi turis pemegang paspor Indonesia? Dengan adanya bebas visa ke Jepang, mengunjungi tempat wisata Jepang pun mudah dan tak lagi mustahil untuk dilakukan. Segala macam syarat administrasi yang dulunya bak tembok yang sulit ditembus, kini dalam dua hari saja kita sudah bisa traveling ke Jepang. Masih berpikir ke Jepang itu susah?

    Namun, banyak juga yang masih kebingungan, bagaimana ya mengurus bebas visa ke Jepang? Jangan-jangan ribet dan dipersulit lagi? Tak perlu khawatir, karena mengurus bebas visa ke Jepang sangatlah mudah dan tak dikenai biaya alias gratis! Lebih jelasnya, yuk baca langkah-langkah berikut untuk mengurus bebas visa ke Jepang!

    1. Khusus untuk Pemegang E-Paspor

    e paspor untuk bebas visa ke jepang

    Bebas visa ke Jepang ini hanya berlaku untuk WNI pemegang e-paspor (elektronik paspor). Meski biaya mengurus e-paspor lebih mahal dibandingkan dengan paspor biasa, memiliki e-paspor tentunya memiliki beragam keuntungan. Salah satunya, kita bisa backpackeran ke Jepang. E-paspor ini di dalamnya ditanami chip biometrik yang berisi data pemegang e-paspor. Jadi, sebelum mengurus bebas visa di Kedutaan Besar Jepang bagian visa dan konsuler, minasan harus sudah memiliki e-paspor terlebih dahulu ya.

    2. Meregistrasi E-Paspor

    sample form bebas visa ke jepang versi lama
    Setelah memiliki e-paspor, minasan harus mengisi form permohonan bebas visa ke Jepang. Setelah mengisi form, minasan dapat mengunjungi Kedutaan Besar Jepang bagian visa dan konsuler di Jakarta Pusat atau konsuler atau konsulat Jepang sesuai pembagian wilayah kerja.  Cek di sini untuk melihat pembagian wilayah kerja konsulat atau konsuler Jepang di Indonesia. Dilayani mulai pukul 08.30 sampai pukul 12 siang. Form dapat diunduh di sini.

    Usahakan datang di pagi hari ya, karena antrean panjang sudah menanti. Pengalaman dari staf Jalan-jalan ke Jepangdatang pukul 10 pagi, mendapatkan nomor A-105. Wah, sudah bisa membayangkan kan betapa ramainya kedubes kala itu?

    3. Mengambil Nomor Antrean di Loket A

    imigrasi 3

    Sumber : http://www.sesawi.net/2016/04/26/pelayanan-imigrasi-makin-tokcer-di-luar-antri-e-paspor-10-menit-selesai/

    Setelah sampai di kantor Kedutaan Besar Jepang, tujukkan tanda pengenal kepada petugas (KTP). Nantinya kita akan diberi penanda tamu oleh petugas, sehingga memiliki akses masuk kantor kedubes. Untuk mengurus visa dan paspor akan dilayani di lantai satu.

    Memasuki area pengurusan visa, biasanya banyak pemohon visa yang kebingungan terkait pengambilan nomor antrean. Ruangan diisi dengan kursi tunggu, loket, dan meja pengisian form. Cari dua mesin pencetak tiket dengan gambar bendera Jepang dengan tuliasn Embassy of Japan. Dua loket ini bertuliskan ‘A’ dan ‘B’.

    Tekan tombol mesin pencetak ‘A’ dan ambil nomor antrean. Loket di kedubes ini memang terdiri dari 5 loket, dengan rincian 3 loket A dan 2 loket B. Loket A khusus untuk pengurusan visa, sementara B khusus untuk layanan administrasi orang Jepang. Jadi perhatikan nomor di atas loket, siapa tahu sudah giliranmu untuk dilayani.

    4. Siapkan Dokumen
    Siapkan e-paspor dan form ‘Registration Form for Visa Waiver to Enter Japan’, sebelum mendatangi loket A. Pelayanan dalam mengurus visa tak akan membuat kecewa, sangat cepat dan profesional. Namun, memang harus tetap bersabar untuk menunggu antrean yang mengular ya.

    Jika nomor antrean sudah muncul di layar, serahkan e-paspor dan form permohonan bebas visa, dan selesailah proses mengurusnya. Nanti, minasan akan mendapatkan tanda pengambilan e-paspor. Untuk pengambilan e-paspor yang bertanda bebas visa, dapat diwakilkan oleh siapa saja, asalkan membawa tanda pengambilan paspor asli dan jika diperlukan sertakan surat kuasa. Cukup menunggu selama dua hari, minasan bisa pergi ke Jepang. Misalnya hari Senin menyerahkan berkas permohonan, hari Selasa dapat diambil di tempat yang sama, mulai pukul 13.30 sampai pukul 15.00 WIB.

    5. Peraturan Bebas Visa ke Jepang Tahun 2017
    Sejak tanggal 15 September 2017 nih berlaku peraturan baru yang perlu minasan ketahui. Form meregistrasi e-paspor untuk bebas visa ke Jepang sudah diberbaruhi. Sehingga minasan harus menggunakan form yang baru ya.

    Satu lagi, Kedutaan Besar Jepang di Indonesia juga membuka Japan Visa Application Cetre (JVAC) untuk melayani pembuatan visa Jepang maupun untuk meregistrasi e-paspor untuk bebas visa Jepang. Jadi, minasan bisa meregistrasi e-paspor di dua tempat yaitu di JVAC ataupun di Kedutaan Besar Jepang.

    Lokasinya berada di Lotte Shopping Avenue 4F, Unit No.33, (Samping XXI) Jl. Prof. Dr. Satrio Kav 3-5 , Jakarta Selatan. Nah, kalau minasan ingin registrasi di JVAC maka akan dikenai biaya administrasi sebesar Rp115 ribu ya. Pendaftaraan bisa dilakukan secara online terlebih dahulu di sini atau datang langsung ke JVAC.

    Inilah kemudahan mengurus visa ke Jepang yang ditawarkan oleh Kedutaan Besar Jepang. Tak harus memiliki tiket PP ke Jepang ataupun tabungan berisi puluhan juta, minasan sudah dapat memiliki bebas visa. Jika sewaktu-waktu berencana ke Jepang, kan tinggal berangkat nantinya. Dan tentunya tetap mempersiapkan segala kebutuhan untuk ke Jepang juga ya.

    Perlu diketahui, visa waiver ini berlaku selama tiga tahun dan memungkinkan kita untuk tinggal hingga 15 hari di Jepang berkali-kali. Gimana, jadi tambah pengen tour ke Jepang kan? Travel Jepang emang menyenangkan. Yuk berangkat ke Jepang!

    visa 1

    Catatan Trip
    Travel Blogs
    mudahnya-mengurus-visa-jepang
    Admin DetikWisata.com

    Page 1 of 5

    PROMO DOMESTIK

    PROMO INTERNATIONAL

    Mau Update Info Trip Terbaru ?

    Bergabunglah dengan Newsletter DetikWisata sekarang, untuk selalu update info menarik seputar trip detikwisata.com.

    () Mandatory fields

    © 2017 DetikWisata.com. All Rights Reserved. Designed By KreasiBagus