User Rating: 0 / 5

    Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
     

    Mudahnya Mengurus Visa jepang

    Share

    Bagi minasan yang berencana liburan ke Jepang , sudah tahukan jika ada peraturan bebas visa ke Jepang bagi turis pemegang paspor Indonesia? Dengan adanya bebas visa ke Jepang, mengunjungi tempat wisata Jepang pun mudah dan tak lagi mustahil untuk dilakukan. Segala macam syarat administrasi yang dulunya bak tembok yang sulit ditembus, kini dalam dua hari saja kita sudah bisa traveling ke Jepang. Masih berpikir ke Jepang itu susah?

    Namun, banyak juga yang masih kebingungan, bagaimana ya mengurus bebas visa ke Jepang? Jangan-jangan ribet dan dipersulit lagi? Tak perlu khawatir, karena mengurus bebas visa ke Jepang sangatlah mudah dan tak dikenai biaya alias gratis! Lebih jelasnya, yuk baca langkah-langkah berikut untuk mengurus bebas visa ke Jepang!

    1. Khusus untuk Pemegang E-Paspor

    e paspor untuk bebas visa ke jepang

    Bebas visa ke Jepang ini hanya berlaku untuk WNI pemegang e-paspor (elektronik paspor). Meski biaya mengurus e-paspor lebih mahal dibandingkan dengan paspor biasa, memiliki e-paspor tentunya memiliki beragam keuntungan. Salah satunya, kita bisa backpackeran ke Jepang. E-paspor ini di dalamnya ditanami chip biometrik yang berisi data pemegang e-paspor. Jadi, sebelum mengurus bebas visa di Kedutaan Besar Jepang bagian visa dan konsuler, minasan harus sudah memiliki e-paspor terlebih dahulu ya.

    2. Meregistrasi E-Paspor

    sample form bebas visa ke jepang versi lama
    Setelah memiliki e-paspor, minasan harus mengisi form permohonan bebas visa ke Jepang. Setelah mengisi form, minasan dapat mengunjungi Kedutaan Besar Jepang bagian visa dan konsuler di Jakarta Pusat atau konsuler atau konsulat Jepang sesuai pembagian wilayah kerja.  Cek di sini untuk melihat pembagian wilayah kerja konsulat atau konsuler Jepang di Indonesia. Dilayani mulai pukul 08.30 sampai pukul 12 siang. Form dapat diunduh di sini.

    Usahakan datang di pagi hari ya, karena antrean panjang sudah menanti. Pengalaman dari staf Jalan-jalan ke Jepangdatang pukul 10 pagi, mendapatkan nomor A-105. Wah, sudah bisa membayangkan kan betapa ramainya kedubes kala itu?

    3. Mengambil Nomor Antrean di Loket A

    imigrasi 3

    Sumber : http://www.sesawi.net/2016/04/26/pelayanan-imigrasi-makin-tokcer-di-luar-antri-e-paspor-10-menit-selesai/

    Setelah sampai di kantor Kedutaan Besar Jepang, tujukkan tanda pengenal kepada petugas (KTP). Nantinya kita akan diberi penanda tamu oleh petugas, sehingga memiliki akses masuk kantor kedubes. Untuk mengurus visa dan paspor akan dilayani di lantai satu.

    Memasuki area pengurusan visa, biasanya banyak pemohon visa yang kebingungan terkait pengambilan nomor antrean. Ruangan diisi dengan kursi tunggu, loket, dan meja pengisian form. Cari dua mesin pencetak tiket dengan gambar bendera Jepang dengan tuliasn Embassy of Japan. Dua loket ini bertuliskan ‘A’ dan ‘B’.

    Tekan tombol mesin pencetak ‘A’ dan ambil nomor antrean. Loket di kedubes ini memang terdiri dari 5 loket, dengan rincian 3 loket A dan 2 loket B. Loket A khusus untuk pengurusan visa, sementara B khusus untuk layanan administrasi orang Jepang. Jadi perhatikan nomor di atas loket, siapa tahu sudah giliranmu untuk dilayani.

    4. Siapkan Dokumen
    Siapkan e-paspor dan form ‘Registration Form for Visa Waiver to Enter Japan’, sebelum mendatangi loket A. Pelayanan dalam mengurus visa tak akan membuat kecewa, sangat cepat dan profesional. Namun, memang harus tetap bersabar untuk menunggu antrean yang mengular ya.

    Jika nomor antrean sudah muncul di layar, serahkan e-paspor dan form permohonan bebas visa, dan selesailah proses mengurusnya. Nanti, minasan akan mendapatkan tanda pengambilan e-paspor. Untuk pengambilan e-paspor yang bertanda bebas visa, dapat diwakilkan oleh siapa saja, asalkan membawa tanda pengambilan paspor asli dan jika diperlukan sertakan surat kuasa. Cukup menunggu selama dua hari, minasan bisa pergi ke Jepang. Misalnya hari Senin menyerahkan berkas permohonan, hari Selasa dapat diambil di tempat yang sama, mulai pukul 13.30 sampai pukul 15.00 WIB.

    5. Peraturan Bebas Visa ke Jepang Tahun 2017
    Sejak tanggal 15 September 2017 nih berlaku peraturan baru yang perlu minasan ketahui. Form meregistrasi e-paspor untuk bebas visa ke Jepang sudah diberbaruhi. Sehingga minasan harus menggunakan form yang baru ya.

    Satu lagi, Kedutaan Besar Jepang di Indonesia juga membuka Japan Visa Application Cetre (JVAC) untuk melayani pembuatan visa Jepang maupun untuk meregistrasi e-paspor untuk bebas visa Jepang. Jadi, minasan bisa meregistrasi e-paspor di dua tempat yaitu di JVAC ataupun di Kedutaan Besar Jepang.

    Lokasinya berada di Lotte Shopping Avenue 4F, Unit No.33, (Samping XXI) Jl. Prof. Dr. Satrio Kav 3-5 , Jakarta Selatan. Nah, kalau minasan ingin registrasi di JVAC maka akan dikenai biaya administrasi sebesar Rp115 ribu ya. Pendaftaraan bisa dilakukan secara online terlebih dahulu di sini atau datang langsung ke JVAC.

    Inilah kemudahan mengurus visa ke Jepang yang ditawarkan oleh Kedutaan Besar Jepang. Tak harus memiliki tiket PP ke Jepang ataupun tabungan berisi puluhan juta, minasan sudah dapat memiliki bebas visa. Jika sewaktu-waktu berencana ke Jepang, kan tinggal berangkat nantinya. Dan tentunya tetap mempersiapkan segala kebutuhan untuk ke Jepang juga ya.

    Perlu diketahui, visa waiver ini berlaku selama tiga tahun dan memungkinkan kita untuk tinggal hingga 15 hari di Jepang berkali-kali. Gimana, jadi tambah pengen tour ke Jepang kan? Travel Jepang emang menyenangkan. Yuk berangkat ke Jepang!

    visa 1

    Tentang Penulis

    Admin DetikWisata.com

    Jalan Raya Pati Kayen Km. 18 Kayen Pati
    Baca tulisan lainnya dari Admin DetikWisata.com :
    Jazz Gunung Bromo 2019 Taka Bonerate 5D 4N Karimunjawa 3D2N Via Siginjai 2 Can Go Vietnam: Hanoi – Halong Bay Togean Island 5D 4N Karimunjawa 3D2N Via Express Bahari Sailing Komodo Premium 3D 2N JEPANG 7D6N : Trip Jepang Autumn Shirakawago Karimunjawa 4D3N Via Siginjai 2 Can Go: Bangkok – Pattaya Thailand 4D3N Wayag + Pianemo Raja Ampat 4D 3N Sailing plus Waerebo 5D 4N Hanoi & Halong Bay Vietnam 4D 3N Hong Kong – Makau 5D4N Kamboja 5D 4N : Phnom Penh & Siem Reap (Angkor Wat) 2 Can Go Thailand : Bangkok – Hua Hin Pulau Nias 3D 2N Keliling Banyuwangi 3D2N Singapura – Malaysia 4D3N : 2 Can Go Banda Neira 5D 4N Misool Raja Ampat 5D 4N Explore Banyuwangi 2D1N Explore Sumba 4D 3N Festival Songkran Thailand : Phuket & Phi-Phi Island Kei Island 4D 3N Karimunjawa 2D 1N via Siginjai Hong Kong Macau With Disneyland 5D4N 2 Can Go Nusa Penida 3D2N Waerebo Flores 2D 1N 2 Can go Malaysia : Kuala Lumpur 3D 2N 2 Can Go: Phuket – Phi-Phi Island 4D3N Thailand Thailand 4D 3N: Phuket & Phi-Phi Island Karimunjawa 2D 1N Via Express Bahari Singapura : 2 Can Go 3D 2N Maldives : 2 Can Go Maafushi 4D 3N Private Trip Karimunjawa Couple 3D2N Derawan Plus Labuan Cermin 4D 3N Pulo Cinta 3D 2N Tour 3 Negara Asean : SIngapura - Malaysia - Thailand Togean Island 4D 3N DIENG CULTURE FESTIVAL 2017 Sailing Lombok Sumbawa 4D 3N Harapan Island 2D1N Pianemo Raja Ampat 3D 2N 2 Can Go Jepang: 7D/6N Experience Tokyo Osaka Kyoto Tour Pulo Cinta dan Explore Gorontalo 3D2N Maldives 5D 4N Misool Raja Ampat private boat 5D4N Sailing Komodo Backpacker 3D2N Korea Selatan 2 Can Go 5D4N Sailing Komodo Phinisi 3D 2N Korea: Seoul – Nami Island 5D4N Bromo Midnight Overland Flores 6D 5N 2 Can GO : Jepang 4D/3N Experience Osaka With Universal Studio Japan PRAU 2565 Cara Pengajuan Visa Jepang Belitung Island 3D2N Derawan Whale shark 4D3N Lava Tour Merapi Yogyakarta Singapura 3D 2N Bromo Baluran Ijen Menjangan Bromo & Air Terjun Madakaripura Wakatobi island Merbabu Via Selo Karimunjawa 4D 3N Via Express Bahari Diving Menjangan Bali Malaysia : 3D2N Kuala Lumpur Bali 3D 2N ( Reguller Trip Weekly ) Makassar 3D 2N Explore Yogyakarta 3D 2N main ke Yogyakarta 2D 1N Derawan, Whale Shark, Labuan Cermin 4D 3N Pulo Cinta 2D 1N Maldives : 2 Can Go Thoddoo 4D 3N Honeymoon Maldives 4D3N Maafushi City Tour Lombok 3D 2N India : Leh - Ladakh 8D 7N Hong Kong 2 Can Go 4D3N Pesona Wae Rebo Explore Lombok 3D2N INDIA : Khashmir + Jaipur + Taj Mahal 8D7N 2 Can can Go Thailand 4D/3N : Bangkok & Pattaya With Wat Arun, Nongnooch Village & Asiatique 2 Can Go Jepang : 4D/3N Osaka Kyoto Tour
    Catatan Trip
    visa-waiver-1
    Travel Blogs
    mudahnya-mengurus-visa-jepang
    675
    Mudahnya Mengurus Visa jepang
    Admin DetikWisata.com

    Comments   

    # Roberta 2018-05-04 21:47
    Hey there, You have done ann incredible job. I'll certainly digg it and personally recommend to my
    friends. I am confident they will be benefited from tbis site.



    Also visit my website: Toko Online Bahan Bangunan: http://blog.ciptabangun.co.id/
    Reply | Reply with quote | Quote

    PROMO DOMESTIK

    PROMO INTERNATIONAL

    Mau Update Info Trip Terbaru ?

    Bergabunglah dengan Newsletter DetikWisata sekarang, untuk selalu update info menarik seputar trip detikwisata.com.

    () Mandatory fields

    © 2017 DetikWisata.com. All Rights Reserved. Designed By KreasiBagus