User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
    prau

Halo Sahabat DetikWisata !

Kali ini aku ingin berbagi tentang perjalanan ekspedisiku di Jawa Tengah. Kali ini aku bersama teman-teman mendaki Gunung Prau yang berada di Kabupaten Wonosobo dekat dengan Wisata Dataran Tinggi Dieng. Oh iya pendakian kali ini melalui jalur Patak Banteng.

Dimulai dari Tips Berkendara.
    Alternatif berkendara dapat menggunakan Bis atau Kereta. Jika teman-teman menggunakan Bis. Carilah bis yang langsung menuju Terminal Mendolo Wonosobo, jika teman-teman melakukan perjalanan dari Jakarta tarif Bis yang ada sekitar 100-120rb, jika teman-teman melakukan perjalanan dari Bandung teman-teman akan dikenai tarif sebesar 70rb (Bis Sinar Jaya) atau 88rb (Bis Budiman), Bis dapat ditemukan di Terminal Cicaheum. Setelah sampai di Terminal, teman-teman selanjutkan perjalanan dengan mikromini yang sudah standby dan akan membawa teman-teman menuju Basecamp Prau Patak Banteng. Sedangkan jika teman-teman menggunakan Kereta Api, teman-teman harus turun di Stasiun Puwokerto dengan tiket kereta 62rb (dari Bandung) dan 85rb (dari Jakarta), setelah sampai di Stasiun teman-teman melanjutkan perjalanan menuju Terminal Mendolo yang tarifnya belum aku ketahui, hehe. Dari terminal ke basecamp sama saja menggunakan mikromini.

Selanjutnya, Tips ketika Mendaki.
    Prau dengan ketinggian 2565 MDPL termasuk Gunung yang dapat dijangkau seorang pemula. Awalnya aku berpikir begitu, mengingat ketinggian masih berada di sekitar 2000an dan juga terletak di daerah dataran tinggi tentu kita akan memulainya tidak dari bawah. Setelah ngobrol dengan petani di daerah sana, akhirnya aku tau bahwa pendakian Prau via Patak Banteng dimulai dari ketinggian 2000 MDPL, tapi sisanya itu ternyata memiliki jarak sebesar 2000 meter dengan medan yang lumayan menguras tenaga. Teman-teman akan menemukan medan kemiringan sekitar 70 derajat setelah melewati pos 3. Oh iya, di Jalur ini hanya ada 3 pos dan setelahnya teman-teman dapat langsung menuju puncak, perjalanan cepat dapat ditempuh selama 2,5 jam dan perjalanan santaisekitar 4 jam. Prau yang berada di daerah dataran tinggi ini memiliki suhu yang cukup membuat linu badan, sebelumnya pada musim penghujan di Prau terjadi hujan es dengan suhu mencapai minus 5 derajat celsius, namun, pada saat kami mendaki suhu tidak begitu ekstrim sekitar 1 derajat celsius, tapi ini sudah cukup menjadi pengalaman pertamaku tidur malam hari yang tidak nyaman karena kedinginan. Penggunaan Sleeping Bag tidak lagi berarti karena dinginnya sangat terasa sejak pukul 22.00-03.00, setelah itu suhu mulai dapat diterima oleh tubuh. Sekitar pukul 04.45 sunrise sudah muncul dan sungguh indah. MasyaAllah. Oh iya di atas puncak teman-teman dapat melihat pemandangan Gunung yang berjejer persis seperti yang ada di logo Aqua. Penasaran itu menunjukkan gunung apa saja? Ternyata itu adalah gunung Sindoro dan Sumbing yang teman-teman lihat aslinya di Puncak Gunung Prau. Sekian perjalanan ekspedisi kali ini. Sampai berjumpa di Ekspedisi Berikutnya !

Penulis :
    Nur'azizah Inayati

prau-2565

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
    img-20180625-wa0070

Bismillahirrahmanirrahim…
    Halo Sahabat Detik Wisata!

Siapa di sini yang menyukai kegiatan pendakian?

Pada tulisan kali ini, aku ingin membagikan pengalamanku bersama teman-temanku mendaki salah satu daerah kulminasi di Indonesia. Puncak Gunung kali ini terletak di daerah Kabupaten Boyolali Jawa Tengah. Gunung dengan ketinggian 3124 meter di atas permukaan laut ini cocok untuk pendaki pemula maupun pro dengan tingkat kesulitan medium. Gunung ini dikenal dengan sebutan Gunung Merbabu. Kami akan mulai berbagi dari awal, yaitu dengan transportasi yang kami gunakan. Kami berangkat dari Jakarta dan Bandung menggunakan Kereta Api menuju Stasiun Tawang Kabupaten Semarang. Pukul 16.00 kami semua sampai di Semarang. Sedikit tips di sini, perhatikan momen keberangkatan, kami di sini kurang memperhatikan bagaimana momentum lebaran akan sangat berpengaruh dalam perjalanan sehingga setiap kami akhirnya naik kereta yang berbeda dengan harga yang berbeda pula, termurah 135rb dan termahal 240rb. Sebenarnya ada peluang mendapatkan tiket kereta paling murah 80rb jika kami merencanakan sejak jauh-jauh hari.

Dari sini kami melanjutkan perjalanan menuju Terminal Bawen menggunakan Trans Jateng. Setiap kepala dikenai biaya yang terjangkau hanya 3500, namun yang menjadi catatan di sini adalah karena masing-masing dari kami menggunakan tas keril atau tas gunung dan hal itu memakan tempat di dalam Bus, maka setiap tas dihitung 1 orang sehingga kami membayar untuk 2 orang, yakni 7000. Dari Terminal kami sudah disambut oleh teman dari salah satu rekan kami, yaitu mbak Ella dan tim pendakiannya yang berpengalaman dalam kegiatan pendakian. Alhamdulillah. Perjalanan menggunakan
    mobil pribadi ini dimulai pukul 19.30 dan karena kami sempat nyasar dalam perjalanan, maka kami sampai pukul 22.00 yang seharusnya diperkirakan sampai pukul 21.00 di Basecamp Selo Kabupaten Boyolali. Sesampainya di basecamp kami langsung ganti baju dan memesan makan malam, tidur di basecamp ini tidak dikenakan biaya ya, hanya kalau kita butuh konsumsi dan toilet baru kita bayar. Tidak lama kemudian kami istirahat karena merencanakan untuk memulai pendakian esoknya setelah sholat shubuh.

Hari kedua.
    Setelah packing dan sarapan pagi kami berangkat pendakian sekitar pukul 07.30 dikarenakan memang pendaftaran baru dibuka pukul tersebut. Pendakian kali ini akhirnya kami bergabung menjadi 1 tim, antara tim kami dan tim Mbak Ella. Rencana awal kami ingin berkemah di Pos 5, yakni Sabana II, namun pada perjalanannya kami menemukan kendala, diantaranya ada di antara kami yang masih sangat baru dalam mendaki dan track setelah Pos 3 memang cukup menguras tenaga, berupa bukit dan tanjakan curam dengan kemiringan hampir sekitar 70 derajat, ditambah beban tas yang cukup berat, maka kami memutuskan untuk mendirikan tenda di Pos 3, Batu Tulis. Tiba pukul 12.00 jarak dari basecamp ke Pos 3 memakan waktu sekitar 4.5 jam. Kami merencanakan melakukan summit dini hari nantinya.

img 20180625 wa0067

Hari Ketiga,
    Pukul 02.00 dini hari kami sudah terbangun dan mempersiapkan diri melakukan summit. Sekitar pukul 02.45 kami baru benar-benar melanjutkan perjalanan. Di sini sangat aku sarankan menggunakan safety pakaian yang lengkap seperti sarung tangan, jaket, kupluk, syal dll dikarenakan suhu udara dini hari mencapai 2 derajat celsius, karena pada malamnya hujan cukup lama terjadi, biasanya kalau tidak hujan suhu dini hari di Merbabu sekitar 5 derajat celsius dan jangan lupa gunakan penerangan yang membantu penglihatan dalam gelapnya tanjakan dan bukit. Setelah pukul 05.15 kami baru benar-benar sampai puncak dan sunrise sebentar lagi muncul, sambil menunggunya kami melakukan sholat shubuh berjamaah. Setelah dirasa cukup menikmati pemandangan di atas dan mengambil beberapa foto. Kami memutuskan untuk turun gunung mengingat kami harus segera menuju Stasiun karena keberangkatan pukul 5 sore. Sampai di basecamp pukul 12 siang, setelah mandi, ganti baju dan packing, pukul 1 kami berangkat menuju Stasiun Tawang mengejar kereta pukul 5. Tiket kereta termurah pada perjalanan pulang ini sebesar 220rb dan termahal 290rb. Total akomodasi selama pendakian seperti untuk transportasi Trans Jateng, sewa mobil, supir, bensin, konsumsi selama pendakian dll sebesar 250rb diluar dari tiket kereta ya.

img 20180625 wa0010

Sekian. Semoga ada kesempatan mendaki kembali. Bertemu dengan banyak orang-orang dengan keunikannya masing-masing. Mendaki gunung memang bukanlah hobi yang murah, namun hal yang didapatkan juga sungguh mempesona. Masya Allah. Jangan sekali-kali mencoba mendaki ya, nanti ketagihan loh! Hehehehe.

Terima kasih Tetew Squad atas perjalanan penuh hikmahnya  See you next journey!

Penulis :

Dapatkan informasi yang dibutuhkan:

• Kunjungi http://www.vfsglobal.com/japan/indonesia/English/index.html
    • Hubungi nomor Layanan Informasi +62 21 30418715
    • Email pertanyaan Anda ke This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
    • Kunjungi pusat informasi di Pusat Aplikasi Visa Jepang (JVAC)

Langkah 2 :
    Membuat foto

• Kunjungi situs untuk mendapatkan spesifikasi foto yang dibutuhkan.
    • Terbaru, tidak lebih dari 6 bulan.
    • 4,5 cm x 4,5 cm
    • Foto berwarna dengan latar belakang polos.
    • Diambil melihat lurus ke depan dan wajah terlihat jelas.
    • Fasilitas foto tersedia di Pusat Aplikasi Visa Jepang dengan biaya tambahan.

Langkah 3:
    Unduh dan lengkapi Formulir Aplikasi serta buat pemesanan janji temu

• Unduh formulir aplikasi
    • Buat janji temu secara online dan cetak dari surat konfirmasi atau simpan surat konfirmasi di telepon selular Anda.
    • Penjadwalan online untuk layanan janji temu akan dapat diakses dalam waktu dekat.

Langkah 4:
    Siapkan dokumen pendukung

• Kunjungi situs untuk mengetahui dokumen yang dibutuhkan berdasarkan tujuan perjalanan Anda. Durasi proses visa dapat bervariasi jika dokumen aplikan tidak lengkap, atau jika diminta untuk mengirimkan dokumen tambahan, atau Kedutaan harus mengajukan pertanyaan ke Kementerian Luar Negeri di Tokyo. Harap diketahui bahwa ada kemungkinan visa tidak disetujui meskipun semua dokumen yang diperlukan telah diajukan.
    • Ketahui biaya visa Anda dengan mengunjungi halaman biaya visa.
    • Setiap aplikan harus membayar Biaya Visa dan biaya proses aplikasi yang berlaku. Anda harus membayar biaya hanya dalam rupiah saat pengajuan aplikasi di Indonesia

Langkah 5:

Ajukan aplikasi Anda di Pusat Aplikasi Visa Jepang di Indonesia. Pusat Aplikasi Visa Jepang di Indonesia dibuka dari pukul 09:00 sampai 17:00. Tidak perlu mengunjungi pusat aplikasi lebih awal untuk mengambil nomor antrian. Mohon diketahui bahwa prioritas akan diberikan kepada aplikan yang telah membuat janji temu. Untuk menghindari waktu tunggu yang lama, sebaiknya Anda membuat janji terlebih dahulu.Silahkan klik untuk penjadwalan janji temu.

Pada prinsipnya, Anda harus mengajukan aplikasi secara langsung. Namun, jika Anda memenuhi salah satu kriteria berikut, Anda dapat meminta agen atau anggota keluarga untuk mengajukan aplikasi atas nama Anda.

Siapkan Dokumen

1. Pastikan formulir aplikasi dan semua dokumen yang diperlukan sudah lengkap dan valid. Aplikasi yang tidak lengkap tidak akan diterima dan diproses.
    2. Paspor (dengan lebih dari 2 halaman kosong dan dengan izin masuk kembali ke Indonesia. Sertakan paspor lama Anda, jika ada).
    3. Formulir Aplikasi diisi lengkap per aplikan. Untuk penandatanganan, harus ditandatangani oleh aplikan (tanda tangan sama dengan tanda tangan paspor).
    4. Pena yang dapat dihapus dilarang digunakan pada formulir aplikasi dan dokumen resmi.
    5. Satu foto berwarna yang diambil dalam 6 bulan terakhir (Foto harus berukuran 4,5 cm x 4,5 cm dengan latar belakang polos).
    6. Serahkan dokumen yang dibutuhkan. Durasi pemprosesan visa dapat bervariasi jika dokumen aplikan tidak lengkap, atau diminta untuk mengirimkan dokumen tambahan, atau Kedutaan Besar kami harus mengajukan pertanyaan ke Kementerian Luar Negeri di Tokyo. Harap dicatat bahwa ada kemungkinan visa tidak disetujui meskipun semua dokumen yang diperlukan telah diajukan.
    7. Siapkan biaya visa dan biaya layanan secara tunai, atau menggunakan kartu kredit/debit.
    8. Visa tidak akan diberikan jika dokumen yang diajukan palsu. Namun, penyediaan dokumen yang memuaskan tidak menjamin disetujuinya visa.
    9. Kedutaan Besar Jepang di Indonesia akan menyimpan semua dokumen yang diserahkan kepada kami. Jika dokumen asli tertentu perlu dikembalikan, mohon informasikan kepada staf dengan menyertakan fotokopi.

Untuk pemohon yang menggunakan perwakilan

Pada dasarnya pengajuan permohonan visa dilakukan oleh pemohon langsung di loket visa. Namun, pengajuan permohonan visa oleh grup atau perusahaan seperti tercantum di bawah ini bisa diwakilkan (oleh staf dari kantor tempat pemohon bekerja dan/ atau keluarga):

1. Anak berusia di bawah 16 tahun, orang berusia lebih dari 60 tahun, atau orang dengan keterbelakangan fisik yang menyulitkan ia untuk datang mengajukan visa.
    2. Pemohon yang mengajukan permohonan visa melalui biro perjalanan yang sudah terdaftar di Kedutaan Besar Jepang.

Sebagai tambahan, dokumen tambahan perlu dilampirkan sebagai salah satu syarat pelengkap, kecuali pemohon mengajukan visa melalui biro perjalanan yang sudah terdaftar di Kedutaan Besar Jepang.

1. Perwakilan dari perusahaan (staf kantor) : Fotokopi KTP messenger dan surat tugas yang telah ditanda tangani oleh pemohon visa.
    2. Perwakilan dari keluarga : Fotokopi KTP messenger dan fotokopi bukti hubungan keluarga.
      Catatan; Meskipun aplikasi diajukan oleh perwakilan, pemohon visa perlu menandatangani formulir aplikasi, kecuali pemohon visa tersebut memiliki alasan khusus seperti masih dibawah umur atau memiliki keterbelakangan fisik.

Untuk kunjungan aplikan ke Pusat Aplikasi Visa Jepang.

Baca pemberitahuan Peraturan Keamanan sebelum Anda mengunjungi pusat aplikasi visa.

Kunjungi halaman situs Hubungi Kami dan Hari Libur untuk mengetahui alamat, jam kantor dan hari libur.

Pengajuan dengan Datang Langsung
    Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengajukan Visa Jepang di Indonesia:

Langkah 1 :
    Dapatkan informasi yang dibutuhkan:

• Kunjungi http://www.vfsglobal.com/japan/indonesia/English/index.html
    • Hubungi nomor Layanan Informasi +62 21 30418715
    • Kunjungi pusat informasi di Pusat Aplikasi Visa Jepang (JVAC)

Langkah 2 :
    Membuat foto

Kunjungi situs untuk mendapatkan spesifikasi foto yang dibutuhkan.
    Terbaru, tidak lebih dari 6 bulan.
    4,5 cm x 4,5 cm
    Foto berwarna dengan latar belakang polos.
    Diambil melihat lurus ke depan dan wajah terlihat jelas.
    Fasilitas foto tersedia di Pusat Aplikasi Visa Jepang dengan biaya tambahan.

Langkah 3:
    Unduh dan lengkapi Formulir Aplikasi serta buat pemesanan janji temu

Unduh formulir aplikasi
    Kunjungi Pusat Aplikasi Visa Jepang untuk pengajuan aplikasi.

Langkah 4:
    Siapkan dokumen pendukung

Ketahui biaya visa Anda dengan mengunjungi halaman biaya visa.
    Setiap aplikan harus membayar Biaya Visa dan biaya proses aplikasi yang berlaku. Anda harus membayar biaya hanya dalam rupiah saat pengajuan aplikasi di Indonesia.
    Langkah 5:

Silahkan klik untuk penjadwalan janji temu.

Pada prinsipnya, aplikan harus mengajukan aplikasi secara langsung. Hanya anggota keluarga (tidak termasuk anak di bawah umur) dari alamat tempat tinggal yang sama yang diizinkan mengajukan aplikasi atas nama aplikan dan bukti hubungan seperti surat nikah (asli) atau akte kelahiran (asli) dan Kartu Identitas Indonesia (asli) dari aplikan untuk diperlihatkan pada saat pengajuan aplikasi. Bahkan dalam hal mengajukan aplikasi untuk anggota keluarga, formulir aplikasi harus ditandatangani oleh aplikan (untuk anak di bawah umur yang belum bersekolah, orang tua dapat menandatangani atas namanya).
    Anda dapat mengirimkan aplikasi Anda melalui agen perjalanan yang diakreditasi oleh Kedutaan Besar. Namun, biaya layanan di pusat aplikasi visa akan dikenakan di atas biaya layanan agen perjalanan terakreditasi.
    Siapkan Dokumen

Siapkan biaya visa dan biaya layanan secara tunai, atau menggunakan kartu kredit/debit..
    Untuk kunjungan aplikan ke Pusat Aplikasi Visa Jepang.

cara-pengajuan-visa-jepang

Page 1 of 5

PROMO DOMESTIK

PROMO INTERNATIONAL

Mau Update Info Trip Terbaru ?

Bergabunglah dengan Newsletter DetikWisata sekarang, untuk selalu update info menarik seputar trip detikwisata.com.